Culture



Hi guys, mari kita explore Tasik lagi. Kali ini kita bahas tentang kebudayaan Tasik. Kebudayaan Tasik tentunya selain kelom geulis dan payung geulis, ada juga batik. Batik khas Tasikmalaya cukup terkenal karena kekhasan corak dan mootifnya. 


Untuk kalian yang ingin tahu atau sedang mencari batik di daerah Tasikmalaya, kalian bisa mengunjungi daerah Cinehel (tepatnya di daerah Cigeureung). Di Cigeureung, kalian bisa menemukan banyak sekali pabrik batik dan juga banyak galery batik yang menyajikan batik khas Tasik.

Bagi kalian yang penasaran, kemarin saya sempat mengunjungi salah satu pabrik dan galery batik di Cigeureung. Pabrik dan galery batik tersebut milik Bpk.Hj.Deden, yang berlokasikan di Cigeureung no.80 (Tasikmalaya, Jawa barat). Di pabrik batik tersebut, kita dapat melihat cara pengolahan mulai dari pencucian sampai dengan proses pelorodan. Selain bisa melihat, kita juga bisa belajar proses-proses yang ada disana.


Kita beralih dari pabrik ke galery batik. Galery Batik Deden menjual mulai dari bahan mentahan sampai dengan bahan jadi (baju,aksesoris,dll). Harganya pun ekonomis. Untuk harga batik tulis, harganya dibandrol mulai dari Rp.500 rb – Rp.2,5 juta/kain. Untuk harga batik semi tulis, dibandrol dari harga Rp.80 rb – Rp.250rb/kain. Batik semi tulis yaitu gabungan dari batik cap dan batik tulis. Sedangkan, batik cap dibandrol dari harga Rp.50 rb – Rp.65rb/kain. Oh iya, Batik Deden buka mulai dari pukul 07.00 WIB-17.00 WIB.




Kualitas dari batiknya tidak diragukan. Batik dari pabrik Bpk.Hj.Deden saat ini banyak mengirim ke hampir 80% daerah nusantara. Selain di daerah nusantara, Batik Deden ini banyak diekspor ke beberapa daerah di Asia Tenggara, seperti daerah Malaysia, Singapore, dan Thailand. Jadi,   Batik Deden ini sangat rekomendasi sekali untuk anda yang mencari souvenir ataupun oleh-oleh khas Tasik.
KONSTRIBUTOR: VANESA




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »