Vihara


Di Indonesia, terdapat beragam agama yaitu agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Khonghucu. Di setiap agama tentu mempunyai tempat ibadah. Tempat ibadah adalah sebuah tempat yang digunakan oleh umat beragama untuk beribadah menurut agama atau kepercayaan masing-masing.

Nah, kali ini mimin akan memberikan info tempat agama Buddha. Apakah kalian sudah tahu tempat ibadah agama Buddha? Ya, tempat ibadah agama Buddha adalah Vihara.

Di Tasikmalaya, hanya terdapat satu Vihara yang ada di Jalan Pemuda No. 10 (Sebelah Konjaku). Nama vihara yang ada di Tasikmalaya yaitu Vihara Avalokitesvara atau Fu Man Tang.

Dilantai pertama tersedia tempat kebaktian agama Buddha. Lalu, ada beberapa rupang dan hiolo besar untuk berdoa kepada Thian (Tuhan). Di lantai kedua terdapat banyak rupang untuk berdoa kepada mereka.

Di setiap tempat ibadah tentu mempunyai suatu kegiatan. Ya, di Vihara ini juga mempunyai kegiatan tahunan bahkan bulanan. Kegiatan yang ada di Vihara ini antara lain, adanya kegiatan sembahyang rutin setiap tanggal 1, 15, 30 penanggalan imlek, lalu ada sembahyang rutin setiap hari jadi para Dewa, lalu ada kegiatan membacakan parita (doa-doa kepada para suci) jika ada 1 tahun keluarga orang yang meninggal, juga ada kebaktian umat Buddha setiap hari Jumat malam jam 7, dan kebaktian sekolah minggu jam 10.
 
KONSTRIBUTOR: FANNY

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »