Culture






Kota Tasikmalaya terkenal dengan kelom geulisnya. Kelom geulis sudah di buat dari tahun 1986. Pusat pembuatan kelom geulis terdapat di daerah Gobras Kota Tasikmalaya. Bahan baku utamannya yaitu dari kayu mahoni. Proses pembuatannya memakan waktu dua sampai  tiga minggu. inilah langkah-langkah pembuatan sandal kelom Geulis.



Pertama kayu yang sudah di siapkan dipotong kemudian di serut hingga membentuk alas kaki, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu bahan yang sudah dikeringkan dihaluskan kembali menggunakan gerinda dan hamplas sehingga terlihat jelas serat kayunya. Kemudian bahan kelom geulis di beri cat dasar. Pemberian cat dasar ini bertujuan untuk menghilangkan pori-pori kayu.



Selanjutnya bahan kelom geulis yang sudah setengah jadi di diwarnai dengan teknik airbrush. Kemudian setelah di airbrush dikeringkan. Langkah terakhir yang dilakukan adalah memasang bagian atas kelom geulis. Bagian ini terbuat dari berbagai bahan sesuai dengan model yang diinginkan ada yang menggunakan kain dengan detail bordil, kulit yang di anyam.

konstributor: MELVIN



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »