Tour

Pastinya kalian tidak asing dengan payung yang biasa kita pakai kan? Payung adalah alat yang bias kita pakai untuk berlindung dari panasnya sinar matahari ataupun hujan. Nah, di Kota Tasikmalaya ini ada yang unik, payung yang biasanya kita pakai sehari-hari ini dijadikan kerajinan lohh, mulai dari kainnya yang unik, motif yang unik, dan bentuknya yang unik, namanya “Payung Geulis”.



Kerajinan Payung Geulis ini asli dari Tasikmalaya, bahkan dulu Payung Geulis ini dijadikan Icon / ciri khas Kota Tasikmalaya, Tapi sangat disayangkan sekali kerajinan ini hampir punah karena tidak ada generasi yang melanjutkannya. Tapi tenang, payung geulis ini masih dibuat sampai sekarang. Yang pertama ada di JL. Indihiang, dan JL. Babakan Payung. 2 tempat inilah yang masih meneruskan kerajinan ini, dan apakah kalian tau? Saat saya wawancara ternyata Payung Geulis itu dibuat secara turun temurun.
Bahan – bahan dalam pembuatan payung geulis ini adalah Kain Habutai. Kain Habutailah yang membuat bagian atas Payung Geulis ini menjadi unik, karena dihiasi motif-motif yang indah. Kayu dari Payung Geulis sendiri diambil dari pohon duren. Sekian informasi dari saya. Semoga bermanfaat.


Apakah kalian ingin memilikinya satu? Tenang saja payung ini di jual dengan harga yang cukup terjangkau tergantung dari size yang kita beli, yang kecil di hargai Rp,-35.000,00 yang ukurannya sedang dihargai Rp,- 40.000,00 sedangkan yang besar di hargai Rp,-45.000,00. Gimana? Apa anda tertarik? Ayoo jangan sungkan-sungkan ke kota Tasikmalaya, masih banyak hal yang unik di Kota Tasikmalaya ini.








Konstributor: Briant



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »